Wali Kota Batam Ajak Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan dalam Mengantisipasi Bencana Alam Akhir Tahun

36

KepriA1.com – Batam | Wali Kota Batam, Muhammad Rudi hadir dan menjadi inspektur upacara dalam apel kesiapsiagaan menghadapi bencana alam. Kegiatan yang digelar di lapangan Polresta Barelang ini dihadiri seluruh Forkompinda yang ada di Kota Batam, Selasa (16/11/2021).

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Batam mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka menghadapi potensi terjadinya bencana akhir tahun.

“Upacara kesiapsiagaan hari ini kita laksanakan dalam rangka menghadapi potensi terjadinya bencana yang terjadi pada akhir tahun,” kata Rudi,

Rudi juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, terhadap kemungkinan cuaca buruk yang terjadi kapan saja.

Sebagaimana diketahui, Batam yang wilayahnya dikelilingi laut tentunya beberapa kemungkinan bencana alam yang dapat terjadi seperti angin beliung, banjir dan lain sebagainya.

Baca juga :   Universitas Putra Batam Kembali Laksanakan Vaksinasi Massal, Wakil Walikota Batam Apresiasi Antusias Masyarakat

“Karena ini musim angin utara tentu harus berhati-hati kemungkinan adanya angin ribut,” kata Rudi.

Karena itu pihaknya juga meminta kepada semua petugas diterjunkan di lapangan, baik itu dari Pemko Batam, TNI dan Polri dapat bersama-sama mengedukasi masyarakat.

“Kalau jumpa nelayan tolong diingatkan, ataupun yang membawa kapal-kapal besar juga demikian periksa keamanan kapalnya,” kata Rudi.

Sementara, untuk mencegah kemungkinan terjadinya banjir pihaknya juga mengajak masyarakat untuk secara rutin membersihkan drainase yang berada di lingkungan tempat tinggalnya.

“Kalau drainase yang besar-besar itu menjadi tanggungjawab kami. Supaya kalau hujan lebat turun air dapat lancar mengalir,” jelasnya. |*