Teladani Prinsip Kebangsaan yang Diajarkan Gus Dur dan Romo Mangun, Pemuda Lintas Agama di Batam Akan Gelar Haul Gus Dur Ke-12

199
Gambar : Rapat bersama Pemuda Lintas Agama mengagendakan acara peringatan haul Gus Dur ke-12.

KepriA1.com – Batam | Pemuda lintas agama Kecamatan Sagulung, Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Sagulung, Pemuda Katolik Sagulung, Pemuda Hindu Sagulung serta Barisan Muda Tionghoa Indonesia (BMTI) gelar rapat bersama mengagendakan acara peringatan haul Gus Dur ke-12.

Adapun acara peringatan yang akan diselenggarakan tersebut merupakan kali kedua diselenggarakan, setelah tahun lalu mereka juga menggelar acara yang sama. Tahun ini menurut panitia akan semakin banyak merangkul semua OKP lintas agama dan budaya.

Ketua Pemuda Katolik Sagulung, Nimrod Siahaan, selaku Ketua panitia penyelenggara acara tersebut mengatakan bahwa untuk peringatan haul Gus Dur ke-12 tahun ini, giliran Pemuda Katolik Sagulung menjadi panitia inti sekaligus tuan rumah dalam penyelenggaraan acara tersebut.

Baca juga :   Dalam Rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Polda Kepri Gelar Operasi Ketupat Seligi 2021

“Tahun lalu panitia dan tuan rumahnya dari GP Ansor Sagulung dan tahun ini dari Pemuda Katolik Sagulung. Kalau untuk panitia dan penyelenggara tahun depan biasanya kita musyawarahkan setelah acara selesai,” tegas Nimrod.

Untuk diketahui, Tema yang diangkat pada acara ini adalah “Merayakan iman, kemanusiaan, dan kebangsaan bersama Gus Dur dan Romo Mangun”.

Terkait acara, ditegaskan sekretaris panitia, Cosmas Eko, tidak hanya diskusi dan sarasehan tentang prinsip-prinsip kebangsaan yang diajarkan Gus Dur dan Romo Mangun.

Rentetan acara peringatan haul Gus Dur ke-12 tahun ini diisi dengan acara perlombaan dan pameran lukisan bertemakan kebangsaan, diantaranya perlombaan aransemen musik keyboard lagu-lagu kebangsaan, lomba baca puisi tentang Gus Dur dan Romo Mangun, dan lomba menulis esai sesuai tema acara.

Baca juga :   Dalam Percepatan Vaksinasi di Akhir Tahun, Kapolda Kepri Langsung Tinjau Vaksinasi Serentak di Vihara Duta Maytreya - Batam

“Seleksi perlombaannya diselenggarakan di bulan desember ini. Dan khusus untuk lomba musik, kami menggandeng lembaga kursus musik Alegro. Sedangkan puncak acaranya, yaitu diskusi dan sarasehan diselenggarakan tanggal 16 januari 2022,” ujar Cosmas.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua GP Ansor PAC Sagulung, Takat Presetya, menjelaskan bahwa seorang tokoh seperti Gus Dur dengan prinsip dan ideologi kebangsaannya penting untuk selalu dipupuk. Demikian halnya dengan romo Mangun yang ajaran-ajarannya tentang kemanusiaan harus diwarisi oleh generasi muda bangsa Indonesia.

“Saat ini, bangsa Indonesia kekurangan sosok-sosok seperti mereka. Dan melalui kegiatan ini, semoga pemikiran-pemikiran yang mereka wariskan pada bangsa ini dapat terus diteladani dan terus lestari,” pungkasnya. |*

Baca juga :   Ketua Kepri Government Watch Minta Wali Kota Batam Perintahkan Kasatpol PP Kota Batam Tegakkan Perda Nomor 2 Tahun 2011