Polsek Batu Aji Gelar Konferensi Pers atas Pengungkapan Kasus Dugaan Tindak Pidana Sumpah Palsu dan Keterangan Palsu

87

KepriA1.com – Batam | Polresta Barelang melalui Polsek Batu Aji yang di pimpin oleh Kompol Daniel Ganjar Kristanto, S.Sos, SIK, gelar Konferensi Pers atas pengungkapan Kasus dugaan Tindak Pidana Sumpah Palsu dan Keterangan Palsu (Laporan Palsu) yang dilangsungkan di Mapolsek Batu Aji, Kamis (28/10/2021).

Dalam konferensi pers tersebut Kapolsek Batu Aji didampingi Kasi Humas Polresta Barelang Iptu Tigor Sidabariba, SH, Kanit Reskrim Polsek Batu Aji Ipda Budi Santosa, SH.

Adapun pengungkapan kasus Laporan Palsu ini pelaku yang berhasil di amankan adalah seorang laki-laki berinisial MI, Lahir di Flores 27 Maret 1972, tinggal di Perumahan Putra Jaya Cluster F Blok A, Kelurahan Tanjung Uncang, Kecamatan Batu Aji, Batam.

Untuk kronologis kejadiannya berawal pada hari Selasa tanggal 26 Oktober 2021, sekira pukul 02.00 wib, dilaporkan MI bahwa dirinya dari arah sekupang ingin pulang ke rumahnya di Perum Putra Jaya Kelurahan Tanjunguncang, Kecamatan Batu Aji Kota Batam dengan mengendarai sepeda motor matic merk Honda Beat.

Saat melintasi jalan raya Diponegoro, dikatakan MI, tepatnya di depan Hutan Wisata Mata Kucing, Kel.Kuning, Kec. Batu Aji tiba-tiba di jalan dirinya melihat ada tali besar warna putih melintang, namun pada saat ia menerobos ternyata sepeda motornya tersangkut di tali tersebut.

Baca juga :   Hari Kemerdekaan RI ke- 76, Wali Kota Batam Himbau Seluruh Masyarakat Kibarkan Bendera Merah Putih

“kamu kalau mau selamat serahkan motor, kalau tidak serahkan motor kau mati” ujar MI saat melapor di Polsek Batu Aji menirukan kejadian saat dirinya dihadang orang tak dikenal.

Lanjut MI, saat dirinya masih berada di atas sepeda motor, dengan kondisi kedua tangan keatas di paksa Pelaku mengambil jaket dengan tulisan Maxim yang di sakunya ada 1 (satu) unit Handphone merk Oppo A5 Ram 4 dan uang tunai sebesar Rp.1.500.000 (satu juta lima ratus ribu rupiah) yang di ambil dari saku celana, serta 2 (dua) buah helm salah satunya merk Maxim.

Atas kejadian tersebut, sesuai laporannya MI mengalami kerugian sebesar Rp. 14.750.000 (empat belas juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Menerima Laporan tersebut, dengan gerak cepat Unit Opsnal Reskrim Polsek Batu Aji yg dipimpin langsung oleh Kanit Reskrim IPDA Budi Santosa, SH langsung melakukan Penyelidikan dengan cek ke TKP di seputaran jalan raya Hutan Wisata Mata Kucing, dari hasil penyelidikan di TKP tersebut didapati kejanggalan dan tidak sesuai dengan Fakta yg ada di lapangan.

Baca juga :   Wamen ATR/BPN Serahkan Sertifikat Tanah untuk Masyarakat Desa Lancang Kuning, Kabupaten Bintan

Karena ditemukan ada kejanggalan atas laporan MI, sehingga pada hari Rabu tanggal 27 Oktober 2021 sekitar pukul 15.00 Wib team melakukan interogasi terhadap korban di laporan Curas ( MI terduga pelaku ) dan pada akhirnya MI mengakui bahwa Laporan yang dibuatnya di Polsek Batu Aji adalah tidak benar.

Diakui MI bahwa kejadian yang sebenarnya adalah pada hari Senin tanggal 25 Oktober 2021 sekira pukul 21.30 Wib Pelaku datang ke Cafe Dewi Sri di Komplek Ruko Batavia Kec.Sagulung Kota Batam dan menikmati minuman jenis Chivas, setelah selesai dan ingin meninggalkan Cafe tersebut Pelaku tidak sanggup membayar Bill yang di berikan oleh kasir Cafe sebesar Rp. 2.705.000,- ( dua juta tujuh ratus lima ribu rupiah) dan kemudian Pelaku meninggalkan barang-barang milik Pelaku berupa Sebuah tas yang berisi dokumen penting, 2 (dua) buah helm sebagai jaminan dengan perjanjian akan membayar Bill setelah Pelaku gajian.

Baca juga :   Pembangunan Jembatan Batam-Bintan, Gubernur : Pemprov Kepri Sudah Sangat Siap

Selanjutnya Tim menuju Cafe Dewi Sri untuk mencocokkan keterangan Pelaku dan mengambil barang barang Pelaku yang jadi jaminan di Cafe tersebut dan selanjutnya Pelaku dan Barang bukti di bawa ke mako Polsek Batu Aji untuk di lakukan pemeriksaan dan proses lebih lanjut.

Untuk barang bukti yang diamankan yakni,

  • 1 (satu) buah tas salempang warna hijau tua
  • 2 (dua) buah Helm
  • 1 (satu) lembar KTP An. Muh Irwan
  • 1 (satu) lembar Sim C An. Muh Irwan
  • 2 (dua) lembar Bet Kerja
  • 1 (satu) botol minuman sisa Merk Chivas 12
  • 2 (dua) Lembar Nota tagihan .

Kapolresta Barelang, Yos Guntur, SH, SIK, MH melalui Kapolsek Batu Aji Kompol Daniel Ganjar Kristanto, S.Sos, SIK mengatakan terduga pelaku MI memberikan Keterangan Palsu ( Laporan Palsu ) tersebut dengan tujuan supaya MI tidak ditagih nota bon minumannya.

“Atas Perbuatannya Pelaku di jerat dengan Pasal 242 Ayat (1) K.U.H.P dengan ancaman hukuman selama-lamanya 7 Tahun penjara.” ungkap Kapolsek Batu Aji melalui Kasi Humas Iptu Tigor Sidabariba, SH. |*